ILS Unserviceable CGK

Capt. MNH, B737, Di Cengkareng, menulis:  
Saya ingin membagi pengalaman tentang apa yang saya alami pd saat approach di runway 25L Jakarta.Pada saat itu pesawat sudah on localizer kira-kira 20 nm ke threshold rwy 25L. Tiba tiba saja Flight Director di ADI hilang dan Runway flag muncul di ADI, saya check di ADI F/O side ternyata runway flag juga muncul di ADI tersebut. Yang harus dilakukan adalah langsung switch ke NDB approach rwy 25L (hari gini masih NDB approach...hahahaha), ternyata pada saat saya push HDG SEL, ternyata tidak ada respons, masih mode VORLOC. Kemudian saya disengage autopilot, reselect flight director, kemudian push HDG SEL,dan flight director muncul lagi.
Saya engage autopilot lagi dan lanjutkan dengan prosedur ndb approach, dengan menggunakan HDG SEL dan V/S. Visibility pada saat itu cukup bagus, sehingga dapat dikombinasikan dengan visual untuk melihat posisi pesawat terhadap runway. Pada saat itu saya check sinyal ILS runway 25L, ternyata sinyal morse code tidak terdengar.
Saya laporkan kejadian ini ke ATC controller dan melanjutkan approach. Everything went well and aircraft landed safely on runway 25L. Yang saya sesalkan pada kejadian ini adalah saat terjadi, kira2 8 nm di depan saya ada pesawat yang juga akan melakukan pendaratan di runway 25L, mengapa pilot pesawat tersebut tidak melaporkan ke ATC controller, supaya pesawat yang akan melakukan pendaratan tahu akan hal ini dan mempersiapkan hal2 yg dianggap perlu.

Artikel terkait

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top