Shoulder (bahu) pada runway

Yang dimaksud dengan shoulder (bahu) adalah bahu jalan yang berada di samping kanan dan kiri runway yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan pesawat jika keluar dari runway pada saat take off atau landing.
 
 

Pada gambar di atas, shoulder dan runway dipisahkan dengan garis putih/runway edge line.


Runway Shoulder hanya digunakan untuk runway dengan code letter D, E dan F. Untuk menentukan runway code letter dapat diklasifikasikan sesuai dengan lebar runway. Berikut ini pengklasifikasiannya.

 
 

Berdasarkan lebar runway, ada 6 code letter (A, B, C, D, E, dan F)

 
 
 
  • A.  Lebar runway di bawah 15 m.
  • B.  Lebar runway di atas 15 m tapi tidak termasuk 24 m.
  • C.  Lebar runway di atas 24 m tapi tidak termasuk 36 m.
  • D.  Lebar runway d iatas 36 m tapi tidak termasuk 52 m.
  • E.  Lebar runway di atas 52 m tapi tidak termasuk 65 m.
  • F.  Lebar runway di atas 65 m tapi tidak termasuk 80 m.
 
 
 
 
 
 

Jadi yang memenuhi klasifikasi untuk dibangunnya runway shoulder adalah runway dengan lebar antara 36 meter hingga 80 meter. Lebar keseluruhan (runway dengan shouldernya) untuk runway dengan code letter D dan E adalah sebesar 60 m. Sedangkan untuk runway dengan code letter F sebesar 75 m.

Tar(i). Bella Noer Achaddiah-ALLU 12, http://bachaddiah.blogspot.com/

 

 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top