Anda disini:

Apa bedanya sekolah penerbang dan sekolah penerbangan?

Masih banyak yang  bingung dengan kedua kata ini. Semua yang ada kata penerbang atau penerbangan sering disangka berhubungan hanya dengan kata “pilot”, padahal banyak hal lain tentang penerbangan. 

Penerbang

Arti kata “penerbang” (tanpa akhiran an) dalam konteks pembicaraan kita hanya satu: pengemudi pesawat terbang, juru terbang atau pilot. Titik. Jadi kalau ada yang menyebut kata “sekolah penerbang” maka itu berarti “sekolah pilot”. Cara masuk sekolah penerbang dan syarat-syaratnya sudah banyak dibahas di website ini di menu Blog -Menjadi Penerbang. Silahkan dibaca di bagian tersebut. 

Penerbangan dengan alat yang bisa terbang

Sekarang tentang kata penerbangan dengan akhiran an di belakangnya. Kata ini bisa berarti sebuah penerbangan, atau perjalanan yang dilakukan dengan pesawat terbang atau benda terbang lain.  Contoh kalimatnya adalah, “Saya pergi ke Jakarta dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 714”.
Arti lainnya adalah lalulintas udara. Contohnya: “Penerbangan ke Jakarta sangat padat.” 

Penerbangan yang berarti proses, cara, perbuatan menerbangkan

Dalam bahasa Inggris kata ini dikenal dengan kata aviation. Apapun tentang hal yang bisa terbang disebut penerbangan.

----------------------------------------------------------------------- 

Arti kata lain

Dalam dunia modern penerbangan Indonesia, kata penerbangan bisa berarti sebuah ilmu yang mempelajari tentang benda yang bisa terbang. Kata ini banyak dipakai oleh pendidikan tinggi dengan kata Teknik Penerbangan. Teknik Penerbangan yang dimaksud sebenarnya adalah aeronautika yang diambil dari bahasa Inggris aeronautics.

Karena artinya yang banyak itu sebenarnya kata penerbangan lebih luas dari aeronautika.

 

 ------------------------------------

Sekolah penerbangan

Di sekolah atau universitas penerbangan ada yang menyediakan pendidikan menjadi penerbang (pilot), tapi kebanyakan hanya menyediakan pelajaran tentang ilmu penerbangan itu sendiri. Jurusan-jurusan yang ditawarkan ada macam-macam. Berikut ini contoh-contohnya, ingat tidak ada satupun jurusan di bawah ini yang mengajarkan untuk menjadi pilot :

  1. jurusan aeronautika (Aeronautics),
  2. teknik angkasa (Aerospace),
  3. teknik pemeliharaan pesawat (Maintenance),
  4. manajemen transportasi udara,
  5. manajemen maskapai (Airline management),
  6. keselamatan penerbangan (Aviation Safety),
  7. elektronika penerbangan (Aviation Electronics/avionic),
  8. manajemen lalu lintas udara (Air Traffic Management),

dan banyak lagi. 

Silahkan lihat di masing-masing universitasnya, jurusan apa saja yang ditawarkan. Biasanya tidak semua jurusan tersedia. Jurusan di sebuah universitas karena merupakan pendidikan formal akan memberikan diploma atau gelar kesarjanaan. Lulusan universitas biasanya tidak mendapatkan lisensi. Untuk belajar salah satu jurusan di atas, atau jurusan lain yang tidak disebutkan di sini, syarat masuknya bisa dilihat di masing-masing universitas. Semua ditentukan oleh universitasnya. Buka saja website universitas tersebut.

Untuk mencari universitas atau institusi yang mempunyai jurusan-jurusan penerbangan bisa dilihat di menu Pranala.


Apakah perlu masuk universitas untuk menjadi teknisi pesawat udara, penerbang, pengatur lalu lintas udara, FOO dan lainnya?

Tidak.

Semua pekerjaan yang disebutkan di atas memerlukan kursus tertentu untuk mendapatkan lisensinya atas keterampilannya. Semua lisensi yang didapatkan dengan belajar sebuah keterampilan tidak perlu belajar di universitas. Untuk mendapatkan lisensi-lisensi ini anda harus belajar di pusat pendidikan yang diakui oleh pemerintah karena lisensinya dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Perhubungan.

Beberapa sekolah tinggi dan universitas juga punya pusat pendidikan yang isinya adalah kursus untuk mendapatkan lisensi. Biarpun saya sebut kursus tapi untuk mendapatkan sebuah lisensi bisa saja harus didapat dalam beberapa tahun seperti kalau kita masuk universitas.   Keterampilan dalam bidang penerbangan adalah keterampilan yang khusus dan butuh orang-orang dengan kemampuan yang tinggi.

Untuk mendapatkan lisensi, syarat minimalnya ada di peraturan penerbangan tapi syarat masuk sekolahnya ditentukan oleh sekolah tersebut dengan syarat harus lebih ketat dari peraturan penerbangan yang berlaku.

Akhir kata, jika ada pertanyaan “bisakah saya? “, silahkan saja langsung buka website institusi yang anda inginkan dan baca syaratnya di sana.Yang ini sekolah penerbangan.

Ini sekolah penerbang

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top