Huruf dan angka registrasi pesawat

Registrasi pesawat di Indonesia dimulai dengan awalan PKMartin Yehezkiel Sianipar
saya mau nanya abjad utk registrasi pesawat setiap negara dibuat berdasarkan apa? misal Indonesia 'PK'....
04 July at 04:05

Wisnu Wijayanto
berdasarkan Chicago Convention article 40 dan ICAO annex 7. Kalo awal mulanya sih itu callsign radio yang dialokasikan pada London International Radiotelegraphic Conference tahun 1913 yang kemudian berkembang dan diadopsi oleh ICAO. Untuk registrasi PK sendiri sebenarnya diperuntukkan untuk Hindia-Belanda (nama Indonesia jaman penjajahan dulu), pertama digunakan oleh KNILM (maskapai penerbangan Hindia Belanda) yang kemudian dilanjutkan oleh pemerintah kita setelah kemerdekaan. Kalau nggak salah dulu pernah ada beberapa kawan yg menggagas agar nomer registrasi diganti menjadi Romeo India (RI) namun belum tahu kelanjutannya. 

04 July at 05:35
Petugas Ilmuterbangdotkom

Pada perkembangannya callsign ini adalah registrasi dari radio komunikasi yang diatur oleh ITU, International Telecommunication Union. Sehingga PK s/d PO dan YB s/d YH adalah callsign untuk Indonesia.
http://en.wikipedia.org/wiki/ITU_prefix

Yosi Hendarsjah
"PK" juga bukan singkatan dari "Pays Kolonie". "PK" yang digunakan sebagai awalan registrasi pesawat sipil di Indonesia berasal dari ITU call sign prefix.

Fadjar Nugroho
Sebenarnya pun kita bisa tidak hanya pakai PK karena kita punya dari PK sampai PO, jadi bisa saja nanti jadi PL-, PM-, PN- atau PO- . 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top